COMMAND LINE PADA SISTEM OPERASI LINUX



Halo guys, saya akan membahas materi tentang command line pada sistem operasi berbasis Linux. Command line ini berfungsi untuk memudahkan kita mengoperasikan sistem operasi Linux bagi para pemula. Check this out guys!!😁😁
 
1. Adduser
Biasanya hanya dilakukan oleh root untuk menambahkan user atau account yg baru. Setelah perintah ini bisa dilanjutkan dengan perintah passwd, yaitu perintah untuk membuat password bagi user tersebut Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan password untuk user udin. Isikan password untuk udin dua kali dengan kata yang sama.

2. Alias 
Digunakan untuk memberi nama lain dari sebuah perintah. Misalnya bila Anda ingin perintah ls dapat juga dijalankan dengan mengetikkan perintah dir. Untuk melihat perintah-perintah apa saja yang mempunyai nama lain saat itu, cukup ketikkan alias.
 
3. bg
Untuk memaksa sebuah proses yang dihentikan sementara(suspend) agar berjalan di background. Misalnya Anda sedang menjalankan sebuah perintah di foreground(tanpa diakhiri perintah &) dan suatu saat Anda membutuhkan shell tersebut maka Anda dapat memberhentikan sementara perintah tersebut dengan Ctrl-Z kemudian ketikan perintah bg untuk menjalakannya di background. Dengan cara ini Anda telah membebaskan shell tapi tetap mempertahankan perintah lama berjalan dibackground.  

4. Cat
Menampilkan isi dari sebuah file di layar

5. Cd
Change Directory atau untuk berpindah direktori dan saya kira Anda tidak akan menemui kesulitan menggunakan perintah ini karena cara penggunaanya mirip dengan perintah cd di DOS. 

6. Chgrp
Perintah ini digunakan untuk merubah kepemilikan kelompok file atau direktori. Misalnya untuk memberi ijin pada kelompok atau grup agar dapat mengakses suatu file. Sintaks penulisannya adalah sbb:
# chgrp <grup baru> <file>

7. Chown
Merubah user ID (owner) sebuah file atau direktori


8. Cp
Untuk menyalin file atau copy. Misalnya untuk menyalin file1 menjadi file2:


9. Fg
Mengembalikan suatu proses yang dihentikan sementar(suspend) agar berjalan kembali di foreground.

10. Find
 Untuk menemukan dimana letak sebuah file. Perintah ini akan mencari file sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan. Sintaksnya adalah perintah itu sendiri diikuti dengan nama direktori awal pencarian, kemudian nama file (bisa menggunakan wildcardmetacharacters) dan terakhir menentukan bagaimana hasil pencarian itu akan ditampilkan. Misalnya akan dicari semua file yang berakhiran .doc di current direktori serta tampilkan hasilnya di layar:

11. Grep 
 Global regular expresion parse atau grep adalah perintah untuk mencari file-file yang mengandung teks dengan kriteria yang telah Anda tentukan.
  
12. Mv
Untuk memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Bila argumen yang kedua berupa sebuah direktori maka mv akan memindahkan file ke direktori tersebut. Bila kedua argumen berupa file maka nama file pertama akan menimpa file kedua. Akan terjadi kesalahan bila Anda memasukkan lebih dari dua argumen kecuali argumen terakhir berupa sebuah direktori.

13. Passwd
Digunakan untuk mengganti password. Anda akan selalu diminta mengisikan password lama dan selanjutnya akan diminta mengisikan password baru sebanyak dua kali. Password sedikitnya terdiri dari enam karakter dan sedikitnya mengandung sebuah karakter.

14. Pwd
Menampilkan nama direktori dimana Anda saat itu sedang berada.

15. Rm
 Menghapus file dengan perintah rm 

16. Shutdown
Perintah ini untuk mematikan sistem. Pada beberapa sistem anda bisa menghentikan komputer dengan perintah shutdown -h now dan merestart sistem dengan perintah shutdown -r now atau dengan kombinasi tombol Ctr-Alt-Del.

17. ftp
 Dua perintah ftp dan secure ftp (sftp) memiliki perintah yang sama, yaitu untuk menghubungkan anda dengan server dan mendownload beberapa file

18. Ps
Perintah ps digunakan untuk menampilkan informasi tentang proses yang sedang berjalan di sistem. Untuk melihat proses yang berjalan saat ini

19. Unzip
 Untuk mengekstrak sebuah file dengan format .zip

20. Tar
Tar ini adalah untuk membuat file yang di kompress, saya seperti zip atau rar.
Membuat file arsip baru

21. Who


Untuk menampilkan siapa saja yang sedang login. Perintah ini akan menampilkan informasi mengenai login name, jenis terminal, waktu login dan remote hostnameuntuk setiap user yang saat itu sedang login.




Demikian artikel ini guys, semoga bisa bermanfaat buat kita semua. Aamiin.....!!!😇
SOURCE : http://dianaoktaangelina.blogspot.co.id/2017/06/v-behaviorurldefaultvmlo.html